Dalam kosmologi, Big Crunch merupakan salah satu skenario yang mungkin untuk nasib akhir alam semesta, di mana perluasan metrik ruang akhirnya membalikkan dan universe recollapses, akhirnya berakhir sebagai singularitas lubang hitam. (Sebuah sinonim lucunya "Big Gnab", dari membalikkan kata "bang".)



Karena entropi terus meningkat dalam fase kontraksi, kontraksi akan muncul sangat berbeda dari pemulihan saat ekspansi. Sementara alam semesta awal sangat seragam, alam semesta kontraktor akan menjadi semakin berkelompok. Akhirnya semua materi akan runtuh ke dalam lubang hitam, yang kemudian akan menyatu menghasilkan sebuah lubang hitam bersatu atau Big Crunch singularitas.

Jika kerapatan alam semesta lebih besar dari kerapatan kritis, maka kekuatan gaya gravitasi akan menghentikan alam semesta dari memperluas dan alam semesta akan runtuh kembali pada dirinya sendiri. Sebaliknya, jika kerapatan alam semesta kurang dari kerapatan kritis, alam semesta akan terus berkembang dan tarikan gravitasi tidak akan cukup untuk menghentikan alam semesta dari berkembang. Skenario ini akan menghasilkan 'Freeze Big', di mana alam semesta mendingin karena mengembang dan mencapai keadaan entropi. Beberapa berteori bahwa alam semesta bisa runtuh ke keadaan di mana ia dimulai dan kemudian memulai lagi Big Bang, sehingga dalam cara ini alam semesta akan berlangsung selamanya, tapi akan melewati fase ekspansi (Big Bang) dan kontraksi (Big Crunch).

Bukti eksperimental terakhir telah menimbulkan spekulasi bahwa ekspansi alam semesta adalah tidak diperlambat oleh gravitasi tetapi lebih mempercepat. Namun, karena sifat dari energi gelap yang mendorong percepatan tidak diketahui, masih mungkin yang pada akhirnya bisa menyebabkan runtuhnya sebuah Alam Semesta.

Lalu, kapankah peristiwa tersebut terjadi?

Mungkinkah manusia selamat?? 

Sumber : Wikipedia/Big_Crunch

0 comments:

Post a Comment

Thank you for giving my posts a comment, I will use this to correct and make my blog better next time. ^^

How interesting is my blog?

Powered By Blogger
she's girl : Jovina. Powered by Blogger.

What time is it?

Search box

About Me

My photo
Jakarta, South-East of Asian, Indonesia
Love honesty, animals, books, science-fictions. Well, that's lot to love.

Followers

Pageviews

My Visitors ~('.'~)