Apa beda Black Hole dan Supernova ?


supernova

black hole

Sebenarnya proses kedua hal tersebut sangatlah mirip namun untuk mengetahui hal tersebut bacalah blog ini sampai habis. ^^



Bintang terjadi karena proses reaksi fusi nuklir yang terus menerus terjadi di dalam inti bintang tersebut sehingga membuat bintang tersebut dapat menyala atau membuat cahayanya sendiri. Contohnya matahari, Matahari menggabungkan hydrogen dan helium untuk membuat reaksi fusi tersebut cukup kuat untuk massa bintang tersebut dalam melawan kekuatan gravitasi bintang tersebut sehingga tidak membuat bintang tersebut hancur.

Umur bintang tergantung oleh besar massa bintang tersebut. Semua bintang yang diketahui pada sekarang ini kebanyakan memiliki 2 buah gaya yaitu , gaya gravitasi dan tekanan yang timbul karena reaksi fusi dari 

hydrogen menjadi helium. Gravitasi berperan menjadi sumber energy yang menciptakan panas dan tekanan didalam bintang dan memulai reaksi fusi yang menciptakan panas dan energi yang sangat sangat besar  sehingga membuat bintang tersebut menjadi menyala dan bersinar.

Jika bintang tersebut kehabisan bahan bakar untuk melakukan reaksi fusi maka bintang tersebut akan membesar dan menyebar dan memulai untuk membentuk element element yang lebih berat seperti karbon dan besi untuk melakukan reaksi fusi. Jika bintang tersebut sudah kehabisan element element untuk melakukan fusi maka bintang tersebut mulai runtuh dan akan menjalani proses Supernova atau Black Holes hal itu tergantung oleh massa bintang tersebut .

Contohnya matahari kita juga akan runtuh jika sudah menjadi White Dwarf dan pada hal ini prinsip pengecualian Pauli menyimpulkan bahwa elektron dalam bintang cukup jauh terpisah untuk menahan keruntuhan lebih lanjut – energi ini disebut Degenarsi Elektron.

Bintang yang lebih besar massanya  1.4 kali dari matahari akan mengalami ledakan Supernova karena massanya , Namun intinya tetap ada seperti bintang berukuran kecil dan akan mulai runtuh apabila degenarsi elektronnya tidak cukup  untuk melawan massa bintang tersebut dan akan menyusut menjadi lebih kecil namun massanya sangat besar dan menjadi sangat sangat padat yang disebut Black Holes


Bintang yang massanya lebih besar 2.5 kali dari matahari maka akan mengalami hal yang sangat indah. Gaya gravitasinya cukup kuat untuk memproduksi besi. Besi adalah senyawa paling berat yang dapat dibuat oleh bintang didalam umurnya karena element yang lebih berat maka membutuhkan energi yang lebih besar untuk menggabungkan daripada untuk melepasnya, jadi bintang tersebut hancur. Untuk bintang yang memiliki massa yang sangat berat, Runtuhan ini akan menjadikan bintang tersebut hancur dan menyebabkan ledakan yang sangat sangat besar yang disebut Supernova. Didalam ledakan ini element yang lebih berat dari pada Besi diciptakan.   Supernova sangatlah terang sehingga di siang hari pun kita dapat melihat ledakkanya.


Dan perlu kamu ketahui bahwa tubuhmu dan semua materi dialam semesta ini tercipta oleh Supernova yang lebih besar daripada bintang biasa yang disebut BIG BANG

0 comments:

Post a Comment

Thank you for giving my posts a comment, I will use this to correct and make my blog better next time. ^^

How interesting is my blog?

There was an error in this gadget
she's girl : Jovina. Powered by Blogger.

What time is it?

Search box

About Me

My photo
Jakarta, South-East of Asian, Indonesia
Love honesty, love animals, love to read lotta books, love science-fictions, love you, love Allah SWT-Muhammad SAW and also love knowledges. :)

Followers

Pageviews

My Visitors ~('.'~)